Tuesday, December 30, 2008

Bimbingan Karier SMA

Bimbingan Karier di SMA diarahkan pada :
1. Pemantapan pemahaman diri berkenaan dengan kecenderungan karier yang hendak dikembangkan.
2. Pemantapan orientasi dan informasi karier pada umumnya dan karier yang hendak dikembangkan pada khususnya.
3. Orientasi dan informasi terhadap dunia kerja dan usaha memperoleh penghasilan untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan hidup berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
4. Pengenalan berbagai lapangan kerja yang dapat dimasuki tamatan SMTA.
5. Orientasi dan informasi terhadap pendidikan tambahan dan pendidikan yang lebih tinggi, khususnya sesuai dengan karier yang hendak dikembangkan.
6. Khusus untuk Sekolah Menengah Kejuruan; pelatihan diri untuk keterampilan kejuruan khusus pada lembaga kerja (instansi, perusahaan, industri) sesuai dengan program kurikulum sekolah menengah kejuruan yang bersangkutan. (Muslihudin, dkk, 2004)

23 comments:

psikologi said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...

menurut saya bimbingan karier sangatlah dibutuhkan bagi siswa SMA.karena untuk mengembangkan bakat karier siswa yang terpendam dan informasi pendidikan tambahan,supaya siswa tersebut dapat memilih karier atau pekerjaan yang siswa inginkan.

nama : Adam H.P
kelas : XI IPS 3

Anonymous said...

menurut saya setiap siswa SMA membutuhkan bimbingan Karier, informasi dan Orintasi pendidikan dan pekerjaan di berikan kepada siswa SMA, karena untuk membantu siswa memilih karier yang di inginkan.

nama : Adi D
kelas : XI IPS 1

Anonymous said...

menurut saya siswa sma yang hendak melanjutkan ke tingkat yang lebih jauh memang memerlukan bimbingan karier,sebab dgn begitu siswa sma dapat memilih pendidikan atau pekerjaan dengan tepat yang sesuai dengan kemampuan yg di miliki.

Andina X1IS 2
PARASDYA X1 IS 2
DWI DESTI X1 IS 2
SUGIARTI X1 IS 1

Anonymous said...

pendapat saya,saya sangat setuju dengan artikel tersebut karena sangat membantu remaja dalam menentukan kariernya

Nama:Andina Firstika
Kelas:XI IS 2

Anonymous said...

Saya berpendapat bahwa saya sangat setuju dengan topik ini karena bimbingan karier sangat penting apalagi dikalangan remaja,karena masa masa remaja sangat menentukan profesi pada masa yang akan datang.

Nama:Paramita
Kelas:XI IS 2

Anonymous said...

pendapat saya,saya sangat terkesan dg topik ini karena sangat membantu dikalangan remaja masa kini.bimbingan karier sangat penting dikalangan remaja sehingga remaja dapat menentukan karier dg kemampuan yg dimilikinya.

Nama:ariani P
Kelas:XI IS 2

Anonymous said...

keren pak artikelnya. nanti saya coba praktekkan.


hapsari citra
XI IPS 3

Anonymous said...

menurut saya,program bimbingan karir itu sangat penting apalagi di kalangan remaja karena saat remaja adalah saat yg menentukan masa depan kita.

Nama:Ika Sariyani
Kelas:XI IS2

Anonymous said...

menurut saya bimbingan karir sangat penting karena untuk mengembangkan anak untuk lebih kereatif lagi dan labih termotifasi untuk kedepanya.

XII IS2

Anonymous said...

menurut saya bimbingan karir sangat bagus untuk anak-anak SMA karena lebih termotifasi untuk kedepannyadan lebih kreatif lagi


nama:anatias via asmarani
kelas XII IS2

Anonymous said...

menurut saya bimbingan karier sangat bagus untuk anak-anak SMA karena lebih termotifasi kedepannya dan kepribadiannya lebih kretif dan lebih termotifasi lagi

nama:anatisa via asmarani
kls:XII IS2

Anonymous said...

menurut saya bimbingan karier memang sangat di perlukan untuk siswa sma yg hendak melanjutkan ke tingkat yg lebih jauh,sehingga dapat memilih pendidikan atau pekerjaan yg sesuai dgn kemampuan diri.

Dwi Desti A
x1 is 2

Anonymous said...

menurut saya bimbingan karier memang sangat di perlukan untuk siswa sma yg hendak melanjutkan ke tigkat yg lebih jauh,sehingga dapat memilih pekerjaan atau pendidikan yg sesuai dg kemampuan diri

dwi desti a
x1 is 2

Anonymous said...

menurut aku..
sarana bimbingan karier memang sangat
diperlukan untuk anaknya tersebut dan
untuk melanjutkan ke tingkat yang lebih
tinggi..


nama : Rizky.R
kelas : xI is 2

Anonymous said...

menurut aku...........




bimbingan karier sangat-sangat diperlukan bagi perkembangan anak untuk ada motivasi agar anak berusaha lebih keras lagi dan sebagai semangat belajar !!!!!!!!!!


nama : Teguh. Prihatin (tg)
kelas : xI ia atu (1)

Anonymous said...

menurut saya
Bimbingan karir sangat lah perlu bagi siswa2 yang sudah cukup dewasa.
untuk mengarah kan hudup nya kelak akan menjadi apa.
nama: Achmad affan
kelas: x-1

Anonymous said...

Bagi saya bimbigan karier sangat lah penting bagi semua orang terutama yang sedang duduk di bangku SMA agar tidah bingung mau menjadi apa kelak.
Nama : sinta
kelas : X-1

Anonymous said...

Bimbingan karir memang bagus untuk remaja yang ingin mencari jati dirinya.Cuman bimbingan karir kadang terlalu kaku karena perbedaan kehidupan remaja yang berbeda dan cenderung bebas.Saya DIMAS PUTRANTO KELAS XI IPA 1

Anonymous said...

Bimbingan karier bagi tiap siswa memang sangat membantu dalam menentukan pilihan siswa terhadap apa yang akan dipilih untuk melangkah ke depan. Siswa jadi tau sedikit gambaran tentang dunia kerja yang sesungguhnya.

Sugiarti
XI-IS 1

Anonymous said...

menurut saya bimbingan karier sangat bagus bagi siswa khususnya tingkat sma karena dapat menjelaskan tentang pilihan yang akan kita pilih di tingkat yang lebih tinggi serta memberikan pengenalan berbagai lapangan kerja yang bemanfaat bagi kita setelah jenjang sma...


PARASDYA XI IS 2

Anonymous said...

dik aku wis ora biso nganggo nggonmu